PMA RI No. 2 Tahun 2008 SKL Dan SIP Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah

LAMPIRANPERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIANOMOR 2  TAHUN 2008


TENTANGSTANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN STANDAR ISIPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB DI MADRASAH


BAB ISTANDAR KOMPETENSI LULUSANMATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARABMADRASAH IBTIDAIYAH


1.  Al-Qur'an-Hadis
a.  Membaca, menghafal, menulis, dan memahami surat-surat pendek dalam alQur'an surat al-Faatihah, an-Naas sampai dengan surat ad-Dhuhaa.

b.  Menghafal, memahami arti, dan mengamalkan hadis-hadis pilihan tentang akhlak dan amal salih.

2.  Akidah-Akhlak
Mengenal dan meyakini rukun iman dari iman kepada Allah sampai dengan iman kepada Qada dan Qadar melalui pembiasaan dalam mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah, pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terha dap rukun iman dan  al-asma’ al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan adab Islami serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari.

3.  Fikih
Mengenal dan melaksanakan hukum Islam yang berkaitan dengan rukun Islam mulai dari ketentuan dan tata cara pelaksanaan taharah,  salat, puasa, zakat, sampai dengan pelaksanaan ibadah hají, serta ketentuan tentang makanan dan minuman, khitan, kurban, dan cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

4.  Sejarah Kebudayaan Islam
Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab praIslam, sejarah Rasulullah SAW, khulafaurrasyidin, serta perjuangan tokoh -tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

5.  Bahasa Arab
a.  Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau  dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.

b.  Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang  perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.

c.  Membaca
Membaca  dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun
madrasah.
d.  Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan  dan tanda baca yang tepat

BAB IISTANDAR KOMPETENSI LULUSANMATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARABMADRASAH ALIYAH


1.  Al-Qur'an-Hadis
Memahami isi pokok  al-Qur‟an, fungsi,  dan bukti-bukti kemurniannya, istilahistilah  hadis, fungsi  hadis terhadap al-Qur'an, pembagian  hadis ditinjau dari segi kuantitas dan kualitasnya, serta memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.  Akidah-Akhlak
a.  Memahami istilah-istilah akidah, prinsip-prinsip, aliran-aliran dan metode peningkatan kualitas akidah serta meningkatkan kualitas keimanan melalui pemahaman dan pengahayatan  al-asma'  al-husna  serta penerapan perilaku bertauhid dalam kehidupan.

b.  Memahami istilah-istilah akhlak dan tasawuf, menerapkan metode peningkatan kualitas akhlak, serta membiasakan perilaku  terpuji dan menghindari perilaku tercela.

3.  Fikih
Memahami dan menerapkan sumber hukum Islam dan hukum taklifi, prinsipprinsip ibadah dan syari‟at dalam Islam, fikih ibadah, mu'amalah, munakahat,mawaris, jinayah, siyasah, serta dasar-dasar istinbath dan kaidah usul fikih.

4.  Sejarah Kebudayaan Islam
a.  Memahami dan mengambil  ibrah  sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah, masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat, perkembangan Islam pada abad klasik/zaman keemaasan  (650  -  1250 M), abad pertengahan /zaman kemunduran (1250 M  – 1800 M), masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.

b.  Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah dan mengaitkannya dengan  fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni.

c. Meneladani tokoh-tokoh Islam yang berprestasi dalam perkembangan sejarah kebudayaan/peradaban Islam.

5.  Bahasa Arab
a.  Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja , kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, kebudayaan Islam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.

b.  Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, kebudayaan Islam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.

c.  Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, hari-hari besar Islam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.

d.  Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan,  kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, hari-hari besar Islam, budaya Arab, dan hari-hari besar Islam.

6.  Bahasa Arab (Program Bahasa)
a.  Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan.

b.  Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan.

c.  Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari -hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan.

d.  Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan.

BAB IIISTANDAR KOMPETENSI LULUSANMATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARABMADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN


1.  Akhlak
Memahami istilah-istilah akhlak dan tasawuf, menerapkan metode peningkatan kualitas akhlak, dan membiasakan perilaku terpuji serta menghindari perilaku tercela.

2.  Sejarah Kebudayaan Islam
a.  Memahami dan mengambil  ibrah  sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah, masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat, perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M –  1800 M), abad pertengahan/zaman kemunduran (1250M  –  1800 M), masa modern/zaman kebangkitan (1800  –  sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.

b. Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni.

c. Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan sejarah kebudayaan/peradaban Islam.

3.  Bahasa Arab
a.  Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur‟anul Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan, perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa Arab, dan masyarakat.

b.  Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang madrasah,  masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur‟anul Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan, perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa dan masyarakat Arab.

c.  Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur‟anul Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan, perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa dan masyarakat Arab.

d.  Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang madrasah, masjid, muslim, pekerjaan, al-Qur‟anul Karim, kehidupan beragama, akhlak mulia, kegiatan mengajar, ilmu pengetahuan, perdagangan, rekreasi, dunia Arab, bahasa dan masyarakat Arab.

4.  Tafsir
a.  Mengenali pokok-pokok  ilmu  tafsir serta ilmu-ilmu yang dapat membantu dan diperlukan dalam memahami dan menafsirkan al-Qur'an, sehingga dapat dijadikan bekal dasar dalam memahami ayat-ayat al-Qur'an, serta dijadikan fondasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

b.  Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang: (1) makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan bahaya minuman keras; (2) pendayagunaan akal pikiran, pentingnya pengembangan ilmu, dan pemanfaatan alam semesta bagi kehidupan manusia; (3) tata cara menyelesaikan perselisihan, musyawarah, dan taaruf dalam kehidupan; (4) kepemimpinan, syarat-syarat, tugas dan tanggung jawab pemimpin; (5) pembinaan pribadi dan keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum.

5.  Hadis
a.  Memahami ilmu hadis dan sejarahnya, sejarah penghimpunan dan pembukuan hadis, cara menerima dan menyampaikan hadis, pembagian hadis, ilmu  jarh wa ta’dil, generasi perawi hadis, dan kitab-kitab hadis.

b.  Memahami al-Hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, kebesaran dan kekuasaan Allah, nikmat Allah, kewajiban dan tanggung  jawab manusia serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

6.  Fikih
a.  Memahami ilmu usul fikih, sumber hukum Islam yang muttafaq  maupun yang mukhtalaf dan kaidah kaidah usul fikih serta mampu mempraktikkannya.

b.  Memahami dan menerapkan sumber hukum Islam dan hukum taklifi, prinsipprinsip ibadah dan syari‟at dalam Islam, fikih ibadah, muamalah, munakahat, mawaris, jinayah, siyasah, serta dasar-dasar istinbath dan kaidah usul fikih.

7.  Ilmu Kalam
a.  Memahami istilah-istilah akidah, prinsip-prinsip, aliran-aliran dan metode peningkatan kualitas akidah serta meningkatkan kualitas keimanan melalui pemahaman dan penghayatan  al-asma’ al-husna  serta penerapan perilaku bertauhid dalam kehidupan.

b.  Memahami ilmu kalam, fungsi dan peranannya dalam kehidupan, aliran-aliran dan tokoh-tokoh yang berperan dalam pengembangannya serta berbagai pandangannya tentang ilmu kalam.
Tabel  JTM Struktur MI
Tabel  JTM Struktur MI_infodinasdepag
Tabel  JTM Struktur MTS
Tabel  JTM Struktur MTS_infodinasdepag

Tabel  JTM Struktur MA
Tabel  JTM Struktur MA_infodinasdepag


Tabel  JTM Struktur Program Bahasa
Tabel  JTM Struktur program Bahasa_infodinasdepag

Tabel  JTM Struktur Program IPA
Tabel  JTM Struktur program IPA_infodinasdepag

Tabel  JTM Struktur Program IPS
Tabel  JTM Struktur program IPS_infodinasdepag

Tabel  JTM Struktur Program Keagamaan
Tabel  JTM Struktur program Keagamaan_infodinasdepag


Gambar notifikasi muncul otomatis untuk memenuhi JTM MI :

Notifikasi muncul otomatis untuk memenuhi JTM MI_infodinasdepag

Silahkan input kembali JAM anda sesuai gambar_infodinasdepag

Notifikasi muncul otomatis untuk memenuhi JTM MTS_infodinasdepag

Silahkan input kembali JAM anda sesuai gambar_infodinasdepag

Baca juga : Daftar Lembaga Sekolah/Madrasah yang ditunjuk untuk Menerapkan k13 sesuai SK Dirjen Pendis no. 481 dan 5114 tahun 2015

Saran saya sebagai admin infodinasdepag ikuti supaya JTM kita tidak melebihi alokasi JTM sistem simpatika :

  1. Jangan cetak s30 dahulu
  2. Hapus jadwal muatan mulok di lembaga bapak/ibu guru pimpin ( KMD, Aswaja, Tahfidz, Hiwar, atau Dll)
  3. Hapus Jam Praktikum
  4. Hapus Jam Upacara
  5. Hapus Jam Pembiasaan diri
  6. Hapus juga Jadwal Istirahat
  7. kalau ke-6 langkah diatas masih belum merubah alokasi JTM sesuai JTM perminggu di simpatika (silahkan membuat model kurikulum dan menginput kembali jadwalnya)


Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan Informasi PMA RI No. 2  Tahun 2008 SKL Dan SIP Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Kalau ada pertanyaan seputar simpatika silahkan komen dibawah. Kalau bisa InshaAllah Saya akan bantu. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "PMA RI No. 2 Tahun 2008 SKL Dan SIP Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete
  2. KISAH CERITA SUKSES SAYA AWAL
    JADI PNS

    Sumpah demi allah ini betul betul kisah cerita Nyata dari saya.
    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No tlp beliau 0853-2174-0123 beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat siapa tau beliau masih bisa membantu anda teman teman. Amin

    ReplyDelete

Silahkan kalau ada pertanyaan, ketik di kolom komentar !
Terimakasih sudah berkunjung sebelumnya.