Konsultasi Masalah Pendataan Pendidikan Islam terkait (EMIS, NPSN, NISN dan Verval UN) Part 2 Aplikasi Dektop Emis Online


Konsultasi Masalah Pendataan Pendidikan Islam terkait (EMIS, NPSN, NISN dan Verval UN) Part 2 Aplikasi Dektop Emis Online
Ilustrasi
Artikel Konsultasi ini diperlukan terutama bagi Operator dan Pemegang kepentingan Lembaga Pendidikan Islam dari Tingkat RA, MI, MTs, MA dan PTKI Juga Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.
Konsultasi Masalah Pendataan Pendidikan Islam terkait (EMIS, NPSN, NISN dan Verval UN) Part 1

Mohon diingat !


U : User
A : Admin 


Aplikasi Emis Online

Permasalahan 1
U : Yth. tiem Admin Emis Pusat kemenag Assalamu'alaikum. Saya merasa bingung hasil akhir upload online Emis dari backup dekstop, terutama pada rekap siswa, 1. siswa kelas 10 jumlah siswa saat ini terisi dengan jumlah siswa kls 11 dan jumlah total siswa kelas 11 terisi dengan jumlah siswa kelas 12 3. kelas XII tidak memiliki jumlah siswa pada kolom yang tertera pada rekap siswa. mohon solusinya tim Emis pusat untuk mengecek kembali aplikasi online dan aplikasi dekstop, sepertinya tidak sinkron. demikian dan terima kasih wassalam

A : Terimakasih info nya pak. Setelah kami cek di database, data sudah tersimpan dengan benar insya Allah aman. Namun di tampilan EMIS Online-nya masih ada view yang kurang tepat. Nanti kami perbaiki tampilan EMIS Online-nya. Terimakasih.


Permasalahan 2
U : Prosedur Lembaga Baru untuk hadir di jajaran EMIS SDM dan lalu bisa uplod EMIS_ng , akurat prosedur nya bagaimana pak ??? maksud nya di semester lalu mereka belum ikut. di Provinsi kepulauan Riau Kab Bintan ada 2 lembaga di tempat kami pak

A : Pertama, harus dipastikan bahwa data identitas lembaga baru tersebut sudah diregisterkan oleh operator Kanwil ke Aplikasi Ijin Pendirian Madrasah. Admin EMIS akan berkoordinasi dengan admin Aplikasi Ijin Pendirian Madrasah akan melakukan sinkronisasi data lembaga baru yang sudah didaftarkan ke Aplikasi Ijin Pendirian Madrasah untuk dimasukkan ke database EMIS. Setelah data identitas lembaga tersebut sudah masuk dalam database EMIS, maka lembaga tsb bisa melakukan input data melalui aplikasi desktop EMIS. Utk dapat melakukan upload data ke aplikasi EMIS online, operator lembaga baru tersebut juga terlebih dahulu harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun di EMIS SDM. Terimakasih.


Permasalahan 3
U : Link aplikasi onlinenya apa admin?



Permasalahan 4
U : untuk pendataan emis itu failnya untuk di donwload kok belum ada tapi sudah disuruh itu masalahnya apa pak

A : Sudah ada pak. Silahkan unduh di : emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm. Terimakasih.


Permasalahan 5
U : Assalamu'alaikum Pak..apakah layanan simpatika itu wajib bagi Guru PAIS SD.SMP.SMK...?

A : Waalaikumusalaam.. Untuk masalah yang ditanyakan, saat ini masih dibicarakan antara Direktorat Pendidikan Madrasah selaku admin SIMPATIKA dengan Direktorat Pendidikan Agama Islam sebagai unit pembina Guru PAI pada sekolah. Terimakasih.


Permasalahan 6
U : KAPAN MULAI APLIKASI Online nya pak,,Kenapa tidak Nyambung dengan SIMPATIKA?

A : Aplikasi Online sudah dimulai. Untuk integrasi dengan SIMPATIKA belum sampai tataran teknis. Terimakasih.


Permasalahan 7
U : Assalamualaikum Admin, Mau tanyak kalau memang tim teknis emis pusat mempertimbangkan infrastruktur di daerah terkait knp emis tidak di buat real time online, knp aplikasi simpatika di buat online malah di terapkan, bukanya sesuai edaran dirjen pendis EMIS merupakan suatu aplikasi pendataan satu pintu. kalau memang satu pintu kenapa ada SIMPATIKA. trims

A : Waalaikumusalaam.. Kami dari EMIS sudah menyampaikan kepada pihak yang pengelola SIMPATIKA. Namun dikarenakan kebutuhan data PTK yang mendesak, pihak pengelola program sertifikasi dan tunjangan profesi mengambil langkah untuk menggunakan aplikasi SIMPATIKA (yang diadopsi dari aplikasi PADAMU NEGERI) yang menggunakan mekanisme online. Perbedaannya dengan EMIS, aplikasi SIMPATIKA didukung pihak ketiga yang memang bergerak di bidang telekomunikasi, yang notabene sangat mapan dalam menyediakan infrastruktur IT. Sedangkan EMIS kita kelola secara internal menggunakan sumber daya yang kami miliki. Terimakasih atas perhatiannya.


Permasalahan 8
U : Assalamualaikum wr. wb. Mohon penjelasan, mengapa EMIS untuk Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah belum dilaksanakan secara on-line. Terima kasih Wassalamualaikum wr. wb

A : Waalaikumusalaam. Mohon ditunggu pengembangan aplikasi pendataan EMIS untuk guru PAI pada sekolah. Terimakasih atas usulannya.


Permasalahan 9
U : Apa Kerugian Yang didapat apabila lalai dengan aplikasi ini

A : Madrasah yang lalai terhadap pendataan EMIS tidak berhak mendapat pelayanan dalam bentuk apa pun dari Ditjen Pendis Kemenag. Terimakasih.


Permasalahan 10
U : Pak....ngapunten. Kalau untuk emis tahun ajaran baru 2016-2017. Data input emis kalau bisa di online semua. Jgn ada excell dan dekstop lagi.

A : Sebenarnya usul bapak sangat baik. Namun untuk proses updating data EMIS full online masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, terutama yang menyangkut kesiapan infrastruktur dan jaringan baik yang ada di pusat maupun di daerah. Kami masih mempertimbangkan hal2 tersebut. Tapi terimakasih atas usulannya.


Permasalahan 11
U : Assalamualaikum kapan pendataan emis semester genap dilaksanakan...?????

A : Waalaikumusalaam. Updating data EMIS semester genap saat ini sudah dimulai. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di link berikut ini : http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=artikelid2=form1516genap#.Vq7a7U9v9EM Terimakasih.


Permasalahan 12
U : bagaimana menambah siswa pindahan yang baru ? sedangkan emis sudah kita kirim

A : Silahkan update datanya pada saat updating data EMIS semester genap TP 2015/2016 yang saat ini sudah dimulai. Informasi tentang updating data EMIS semester genap TP 2015/2016 dapat dilihat di link web : http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=artikelid2=form1516genap#.Vq7eJ09v9EM Terimakasih.


Permasalahan 13
U : ingin tau tentang online

A : Silahkan hubungi operator kemenag kab./kota setempat. Terimakasih.





Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan Informasi Konsultasi Masalah Pendataan Pendidikan Islam terkait (EMIS, NPSN, NISN dan Verval UN) Part 2. Kalau ada pertanyaan seputar inpassing silahkan komen dibawah. Kalau bisa InshaAllah Saya akan bantu. Terimakasih dan Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Konsultasi Masalah Pendataan Pendidikan Islam terkait (EMIS, NPSN, NISN dan Verval UN) Part 2 Aplikasi Dektop Emis Online"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete

Silahkan kalau ada pertanyaan, ketik di kolom komentar !
Terimakasih sudah berkunjung sebelumnya.